','

' ); } ?>

Apa itu daya ingat?

Daya ingat sendiri merupakan kemampuan seseorang untuk mengingat atau menyimpan setiap memory atau kejadian yang pernah ia lakukan atau lewati. Biasanya otak yang berfungsi untuk menyimpan ingatan dalam jangka panjang adalah otak kanan.

Daya ingat ini sendiri sangatlah penting sekali bagi kehidupan kita, apalagi untuk urusan akademik, dimana dibutuhkan sebuah daya ingat yang tinggi agar kita bisa menghapal rumus atau setiap materi-materi pelajaran yang sudah diberikan oleh para guru disekolah.

Kemampuan daya ingat seseorang berbeda-beda dan tidak sama. Tidak bisa dibayangkan kalau memory didalam otak kita ini tidak bisa menyimpan setiap kejadian-kejadian yang kita ingat dan lalui.  Bisa-bisa kita semua ini tidak pernah merasa mengenal satu sama lainnya. Dan yang pastinya dunia akan kacau balau.

Berikut kami akan memberikan beberapa tips atau cara meningkatkan daya ingat anda dengan mudah, yang bisa anda terapkan untuk lebih mempertajam lagi daya ingat anda tersebut.

Tips dan cara meningkatkan daya ingat

Dan berikut ini adalah beberapa dari tips atau cara meningkatkan daya ingat yang akan kami berikan untuk anda. Yang pertama adalah bernafas melalui hidung dengan cara menarik nafas dalam-dalam dan keluarkan juga melalui hidung, karena cara ini bisa berguna untuk meningkatkan fungsi otak anda agar lebih cepat lagi.

Dan ada baikknya jika anda melakukan olah raga pernapasan secara rutin. Cara selanjutnya adalah dengan rajin membuat jurnal atau catatan harian. Usahakan catat sekecil apapun hal-hal penting yang anda lalui sehari-harinya. Kemudian cara atau tips selanjtuny yaitu dengan rajin membaca dan belajar, agar otak tetap terus bergerak aktiv mempelajari hal-hal yang baru, cara ini baik untuk meningkatkan daya ingat anda.

Jangan lewatkan juga untuk selalu sarapan setiap paginya, agar konsentrasi kita semakin focus dalam mengingat segala hal yang perlu kita ingat dan simpan didalam memory otak tersebut. Hindarilah juga untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung gulanya seperti roti, pasta dan sebagainya yang bisa memberikan efek lemas dan malas pada anda dan sulit sekali untuk bisa berfikir dengan jernih.

Dan cara meningkatkan daya ingat terakhir yang akan kami berikan kepada anda adalah dengan rajin dan rutin untuk berolah raga seperti meditasi ataupun jogging.

Makanan untuk meningkatkan daya ingat

Dan berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa anda konsumsi untuk bisa meningkatkan daya ingat anda agar lebih tajam lagi. Yang pertama anda bisa mengkonsumsi brokoli yang banyak mengandung vitamin K yang baik untuk meningkatkan kemampuan otak anda untuk berfikir serta berguna  juga untuk meningkatkan fungsi dari kognitif.

Kacang-kacangan juga baik untuk meningkatkan daya ingat pada otak kita, karena kacang ini sendiri banyak mengandung vitamin E yang baik juga untuk mencegah penyakit jantung dan memperbaiki sistem kerja pada tubuh. Kemudian anda juga bisa mengkonsumsi coklat, dimana didalam kandungan coklat ini berfungsi untuk meningkatkan endofrin, yaitu salah satu jenis zat yang bisa membuat mood menjadi lebih baik lagi dan merangsang memory yang ada didalam otak.

Dan kandungan moderat kafein yang ada didalamnya juga bisa membuat suasana hati kita lebih senang . Lalu anda juga bisa anda konsumsi air putih, dimana fungsi air putih ini banyak sekali manfaatnya, selain untuk mencegah dehidrasi pada tubuh, air juga bisa berfungsi untuk meningkakan daya ingat kita agar lebih tajam lagi. Minumlah minimal 8 gelas sehari air putih yang bersih dan sehat.