Daya Ingat

Aplikasi canggih untuk anak autis telah berhasil dibuat oleh M. Rizky Habibi dalam usianya yang baru 21 tahun. Sejak kuliah di ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) Surabaya, jurusan Teknik Informatika, Rizky Habibi membuat aplikasi bernama CAKRA yang ditujukan khusus untuk anak – anak penderita autis.

Karena kepeduliannya akan biaya terapi anak autis yang tidak murah di Indonesia dia membuat aplikasi canggih ini, menurut pengakuan Rizky.

Biaya terapi penderita autis tebilang mahal sekitar 5 – 6 juta rupiah per bulan menurut Rizky saat dia melakukan riset sebelum membuat aplikasi autis tersebut.

Dengan alasan tesebut diatas, di tahun 2011 lalu Rizky mulai membangun dan mengembangkan aplikasi Cakra secara serius. Pada akhirnya pada tahun 2014 aplikasi nya mulai diluncurkan dan memakan waktu kurang lebih 3 tahun untuk menyelesaikannya.

Dari hasil penelitiannya dapat disimpulkan bahwa penderita autis dapat berkembang lebih baik dengan treatment sedini mungkin. Oleh karena itu Rizky menciptakan aplikasi komputer tersebut agar lebih menarik bagi kehidupan penderita autis.

Aplikasi Cakra Bronze adalah aplikasi pertama yang dibuatnya. Di dalamnya terdiri dari 3 fitur yang isi nya 77ribu pertanyaan untuk anak autis. Bagi orang tua anak penderita autis tinggal merespon balik kepada anak nya, dan aplikasi ini akan menilai dengan otomatis! Selain itu, di dalam aplikasi ini terdapat 137 jenis terapi anak autis yang dapat digunakan oleh orang tua nya.

Dari hasil uji coba selama 3 bulan kepada 9 orang penderita autis di Cakra Autism Center, dari berbagai tingkatan autis dimulai dengan yang ringan, menengah hingga parah, hasilnya bervariasi ada yang stagnan dan meningkat. Dan kemampuan respon atau timbal balik dari anak autis lah yang akan berpengaruh seberapa besar manfaat yang dapat dirasakan dengan menggunakan aplikasi ini.

Saat ini aplikasi CAKRA masih free trial yg digunakan oleh 10 dokter dari kota – kota besar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar dan Medan.

Dalam acara Program Young Mandiri Technopreneur yg diprakarsai oleh Bank Mandiri, dalam kategori Teknologi Digital, Rizky meraih juara 2 dengan produknya Cakra Theraphy Autis yaitu software komputer yang membantu terapi untuk anak autis di Indonesia.

ref: http://finance.detik.com

Menjual Vitabrain Ke Seluruh Daerah Indonesia

Open

Order Klik Disini